PT. Aktiva Kreasi Investama
  • TELP:+62 21-8267-8811
    • TELP: +62 21-8267-8811
  • Home
  • Solutions
    • Aktiva Managed Service Mail Server
    • Aktiva SMTP Relay & Mail Gateway
    • Aktiva Self-service Password Management
    • Aktiva Mail Campaign
    • Aktiva Server Dashboard
  • Blog
  • Contact Us
  • Marketing
  • Oct 17
  • 3 mins read

Aktiva Self-service Password Management (ASPM)

Aktiva Self-service Password Management (ASPM)

Password adalah kumpulan kode berupa huruf, angka dan karakter yang merupakan kunci untuk dapat mengakses suatu aplikasi. Setiap orang pasti mempunyai berbagai password untuk dapat mengakses aplikasi yang dimilikinya.

Namun, tidak jarang orang lupa password ketika ingin mengakses suatu aplikasi tersebut. Bayangkan jika dalam suatu perusahaan memiliki banyak user yang menggunakan password untuk mengakses berbagai aplikasi dan user sering kali lupa akan password-nya. Tentunya hal ini dapat mengganggu produktivitas user tersebut.

Reset password disebabkan karena berbagai hal :

  • Password security yang ketat sehingga user sulit menghafal dan cenderung lupa akan password-nya.
  • Merupakan kebijakan perusahaan untuk mereset password dalam jangka waktu tertentu.
  • User memiliki banyak password sehingga sering kali lupa dengan password-nya dll.

Salah satu dari kegiatan IT helpdesk/admin yang berulang adalah membantu user untuk melakukan reset password. User akan mendatangi dan meminta token untuk perubahan password kepada tim IT helpdesk/admin. Hal ini membutuhkan banyak waktu dan sangat tidak efektif.

Bagaimana jika user dapat mengganti password-nya sendiri tanpa bantuan pihak IT helpdesk/admin ?

Tentunya akan lebih efektif dan mempermudah pekerjaan IT helpdesk/admin dalam proses perubahan password serta dapat meningkatkan produktivitas user dalam pekerjaannya.

Aktiva Self-service Password Management (ASPM) adalah aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan berulang dalam proses penggantian password. User dapat melakukan penggantian password secara mandiri tanpa tergantung pada pihak heldesk/admin.

Aktiva Self-service Password mempunyai fitur yang lengkap sehingga dapat mempermudah dalam penggunaannya.

Fitur-fitur dalam Aktiva Self-service Password Management adalah sebagai berikut :

  • Zimbra Support, mendukung dan mudah diintegrasikan dengan Zimbra.
  • LDAP & AD Support, mendukung dan mudah diintegrasikan dengan LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) & AD (Active Directory).
  • Reset melalui Alternate Email, password direset dengan menggunakan alternatif email yang sudah dikonfigurasi sebelumnya. Misalnya menggunakan alternatif email user@gmail.com sebagai tujuan reset password terhadap email user@aktiva.co.id. Token reset password akan dikirimkan ke alternatif email tersebut untuk dapat mengganti password.
  • Reset melalui SMS, password direset dengan menggunakan SMS. Token reset password akan dikirimkan ke nomor telepon yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Reset melalui Whatsapp, password direset dengan menggunakan whatsapp. Token reset password akan dikirimkan ke nomer whatsapp yang sudah didaftarkan sebelumnya. Jika ingin menggunakan whatsapp yang verified bisa didapat dengan menggunakan whatsapp business.
  • Reset melalui Telegram, password direset dengan menggunakan telegram. Token reset password akan dikirimkan ke user name telegram yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Reset melalui Security Question, password direset dengan menggunakan Security Question. Password direset dengan menggunakan pertanyaan dan jawaban yang sudah dibuat sebelumnya.

Selain fitur, Aktiva Self-service Password Management mempunyai banyak manfaat bagi penggunanya.

Manfaat dalam penggunaan Aktiva Self-service Password Management adalah sebagai berikut :

  • Mudah Dalam Penggunaan, mudah digunakan dan dapat digunakan di berbagai device karena berbasis web.
  • Menghemat Waktu, pihak helpdesk /admin tidak perlu melakukan penggantian password manual dan menginformasikannya kepada pihak user. User dapat langsung melakukannya sehingga dapat menghemat waktu dan dapat meningkatkan produktivitas user dalam pekerjaannya.
  • Password Tunggal, dapat melakukan sinkronisasi perubahan password pada berbagai aplikasi.
  • Peningkatan Keamanan Sistem, meningkatkan keamanan sistem dan melakukan standarisasi keamanan password. Misalnya menerapkan kebijakan password dengan perpaduan antara huruf, angka dan karakter.
  • Mempermudah Proses Login, Dapat terintegrasi ke aplikasi yang menggunakan Single-Sign-On.
  • Mudah Diimplementasikan, Hemat waktu dan biaya dalam proses implementasinya.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menggunakan Aktiva Self-service ini cukup mudah dalam penerapannya yaitu sebagai berikut :

  1. Deploy Aplikasi, melakukan deployment aplikasi dan membutuhkan 1 server dengan akses ke internet dan akses ke data LDAP /Active Directory.
  2. Entry Data Alternate Email dan Nomor Handphone, Input data alternate email dan nomor HP pada field LDAP.
  3. SMS Quota Credit, perhitungkan kuota kredit SMS/WA untuk pengiriman token password.
  4. Edukasi, edukasi user mengenai tata cara penggunaan (Dokumentasi Sistem).

Jika ingin mengetahui fitur dan manfaat lebih lanjut dari Aktiva Self-service Password Management (ASPM) atau ingin mengundang kami, silakan hubungi kami di sales@aktiva.co.id atau di 021-82678811.

Aktiva Self-service Password Management PT Aktiva Kreasi Investama Self Serivice Password

Related Posts

Tips Memilih Platform Email Blast untuk Keberhasilan Email Marketing Anda
Marketing

Tips Memilih Platform Email Blast untuk Keberhasilan Email Marketing Anda

Pada tulisan sebelumnya telah kami bahas megenai alasan mengapa email marketing penting untuk bisnis Anda. (Baca Disini : Mengapa Harus Menggunakan Email Marketing?) Pemasaran online sudah marak dijalankan oleh banyak team sales untuk mempromosikan barang/jasa…

Indah Wijayanti
  • Oct 26
  • 3 mins read
Dengan Aktiva Mail Campaign, Analisa Email Blast Jadi Lebih Cepat!
Marketing

Dengan Aktiva Mail Campaign, Analisa Email Blast Jadi Lebih Cepat!

Kebanyakan email blast digunakan untuk tujuan marketing. Namun selain email marketing, email blast banyak digunakan untuk tujuan email notifikasi, email tagihan dan email transaksional. Setelah melakukan pengiriman email blast, Anda juga perlu mengevaluasi atau menganalisa…

Indah Wijayanti
  • Nov 19
  • 2 mins read

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Latest Post

Info Operasional Aktiva Selama Periode Idul Fitri 1443 H

Info Operasional Aktiva Selama Periode Idul Fitri 1443 H

  • April 25, 2022
  • < 1 min read
Informasi Kenaikan PPN per 01 April 2022

Informasi Kenaikan PPN per 01 April 2022

  • January 19, 2022
  • < 1 min read
Informasi Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Informasi Libur Natal dan Tahun Baru 2021

  • December 30, 2021
  • < 1 min read
We are Hiring! Frontend, Backend Developer and more

We are Hiring! Frontend, Backend Developer and more

  • December 7, 2021
  • 3 mins read

Archives

  • April 2022
  • January 2022
  • December 2021
  • November 2021
  • October 2021
  • November 2020
  • August 2020
  • July 2020
  • March 2020
  • January 2020
  • December 2019
  • October 2019
  • March 2019

Categories

  • Marketing
  • News
  • Uncategorized

Subscribe to Our Blog

I want the latest update in...

Follows Us

Tentang Aktiva

    PT. Aktiva Kreasi Investama merupakan perusahaan dibidang SaaS (Software as a Services) dengan fokus layanan dibidang Mail Campaign. Motto perusahaan adalah Quality, Respect, Integrity dan goalnya adalah menjadi platform email blast yang mudah digunakan dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi internal customer

Contact

  • Iconaktiva@aktiva.co.id
  • Icon(021) 8267 8811
  • IconBekasi, Indonesia.

Solution

  • Mail Campaign

Contact

  • Icon aktiva@aktiva.co.id
  • Icon(021) 8267 8811
  • Kantor: Bekasi Jaya Indah Danita Jl. Cempaka Raya Blok BP/16, RT. 07/RW.09, Kel. Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi Jawa Barat, 17112

© 2022. Designed & Developed by Aktiva Team.