PT Aktiva Kreasi Investama

Aktiva-Logo

Aktiva Self-service Password Management (ASPM)

Aktiva Self-service Password Management

Aktiva Self-service Password Management

Password adalah kumpulan kode berupa huruf, angka dan karakter yang merupakan kunci untuk dapat mengakses suatu aplikasi. Setiap orang pasti mempunyai berbagai password untuk dapat mengakses aplikasi yang dimilikinya.

Namun, tidak jarang orang lupa password ketika ingin mengakses suatu aplikasi tersebut. Bayangkan jika dalam suatu perusahaan memiliki banyak user yang menggunakan password untuk mengakses berbagai aplikasi dan user sering kali lupa akan password-nya. Tentunya hal ini dapat mengganggu produktivitas user tersebut.

Reset password disebabkan karena berbagai hal :

  • Password security yang ketat sehingga user sulit menghafal dan cenderung lupa akan password-nya.
  • Merupakan kebijakan perusahaan untuk mereset password dalam jangka waktu tertentu.
  • User memiliki banyak password sehingga sering kali lupa dengan password-nya dll.

Salah satu dari kegiatan IT helpdesk/admin yang berulang adalah membantu user untuk melakukan reset password. User akan mendatangi dan meminta token untuk perubahan password kepada tim IT helpdesk/admin. Hal ini membutuhkan banyak waktu dan sangat tidak efektif.

Bagaimana jika user dapat mengganti password-nya sendiri tanpa bantuan pihak IT helpdesk/admin ?

Tentunya akan lebih efektif dan mempermudah pekerjaan IT helpdesk/admin dalam proses perubahan password serta dapat meningkatkan produktivitas user dalam pekerjaannya.

Aktiva Self-service Password Management (ASPM) adalah aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan berulang dalam proses penggantian password. User dapat melakukan penggantian password secara mandiri tanpa tergantung pada pihak heldesk/admin.

Aktiva Self-service Password mempunyai fitur yang lengkap sehingga dapat mempermudah dalam penggunaannya.

Fitur-fitur dalam Aktiva Self-service Password Management adalah sebagai berikut :

  • Zimbra Support, mendukung dan mudah diintegrasikan dengan Zimbra.
  • LDAP & AD Support, mendukung dan mudah diintegrasikan dengan LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) & AD (Active Directory).
  • Reset melalui Alternate Email, password direset dengan menggunakan alternatif email yang sudah dikonfigurasi sebelumnya. Misalnya menggunakan alternatif email user@gmail.com sebagai tujuan reset password terhadap email user@aktiva.co.id. Token reset password akan dikirimkan ke alternatif email tersebut untuk dapat mengganti password.
  • Reset melalui SMS, password direset dengan menggunakan SMS. Token reset password akan dikirimkan ke nomor telepon yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Reset melalui Whatsapp, password direset dengan menggunakan whatsapp. Token reset password akan dikirimkan ke nomer whatsapp yang sudah didaftarkan sebelumnya. Jika ingin menggunakan whatsapp yang verified bisa didapat dengan menggunakan whatsapp business.
  • Reset melalui Telegram, password direset dengan menggunakan telegram. Token reset password akan dikirimkan ke user name telegram yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Reset melalui Security Question, password direset dengan menggunakan Security Question. Password direset dengan menggunakan pertanyaan dan jawaban yang sudah dibuat sebelumnya.

Selain fitur, Aktiva Self-service Password Management mempunyai banyak manfaat bagi penggunanya.

Manfaat dalam penggunaan Aktiva Self-service Password Management adalah sebagai berikut :

  • Mudah Dalam Penggunaan, mudah digunakan dan dapat digunakan di berbagai device karena berbasis web.
  • Menghemat Waktu, pihak helpdesk /admin tidak perlu melakukan penggantian password manual dan menginformasikannya kepada pihak user. User dapat langsung melakukannya sehingga dapat menghemat waktu dan dapat meningkatkan produktivitas user dalam pekerjaannya.
  • Password Tunggal, dapat melakukan sinkronisasi perubahan password pada berbagai aplikasi.
  • Peningkatan Keamanan Sistem, meningkatkan keamanan sistem dan melakukan standarisasi keamanan password. Misalnya menerapkan kebijakan password dengan perpaduan antara huruf, angka dan karakter.
  • Mempermudah Proses Login, Dapat terintegrasi ke aplikasi yang menggunakan Single-Sign-On.
  • Mudah Diimplementasikan, Hemat waktu dan biaya dalam proses implementasinya.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menggunakan Aktiva Self-service ini cukup mudah dalam penerapannya yaitu sebagai berikut :

  1. Deploy Aplikasi, melakukan deployment aplikasi dan membutuhkan 1 server dengan akses ke internet dan akses ke data LDAP /Active Directory.
  2. Entry Data Alternate Email dan Nomor Handphone, Input data alternate email dan nomor HP pada field LDAP.
  3. SMS Quota Credit, perhitungkan kuota kredit SMS/WA untuk pengiriman token password.
  4. Edukasi, edukasi user mengenai tata cara penggunaan (Dokumentasi Sistem).

 

Jika ingin mengetahui fitur dan manfaat lebih lanjut dari Aktiva Self-service Password Management (ASPM) atau ingin mengundang kami, silakan hubungi kami di sales@aktiva.co.id atau di 021-82678811.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *